USG 4 DIMENSI DAN MANFAATNYA

By Dr. Widi Astuti. Sp.OG Dokter Spesialis Kandungan

Jadwal Praktek :

Senin – Kamis

Pagi : 08.00 – 14.00

Jumat

Pagi : 08.00 – 12.00

Senin, Kamis, Sabtu

Sore : 16.00 – 20.00

Kali ini akan membahas apa itu USG? dan Manfaat dari USG itu sendiri

Ketika seseorang wanita dinyatakan hamil , maka dengan sendirinya akan muncul naluri keibuan seorang wanita untuk berusaha melakukan apapun untuk dapat menjaga kesehatan janinnya yang ada di dalam kandungan. termasuk diantaranya adalah mencari tahu secara detail tumbuh kembangnya. Pemeriksaan rutin di dokter kandungan, yaitu berupa Pemeriksaan USG.

Usg (Ultrasonography) adalah tes yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan janin dan juga organ reproduksi ibu hamil. Usg sendiri terdiri dari 7 macam yaitu :

  1. USG Standar adalah jenis paling umum yang dilakukan selama melakukan tes kehamilan. Dokter atau suster memegang tongkat yang berbentuk transduser dan kemudian digosokkan di atas perut untuk menghasilkan gambar dua dimensi dari bayi.
  2. Transvaginal scans biasanya dilakukan pada awal kehamilan Ibu. Cara ini memang lebih baik dibandingkan dengan USG abdominal atau melalui perut. Hal itu disebabkan, Ibu yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas sekalipun dapat mengetahui dengan jelas bagaimana detak jantung bayi di dalam rahim dan mengatami setiap perubahan pada leher rahim yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti keguguran atau persalinan prematur. Namun, USG transvaginal sifatnya hanya sebagai pelengkap bukan sebagai pengganti USG abdominal.
  3. Doppler imaging USG jenis ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik darah yang mengalir di dalam tubuh bayi Ibu. Selain itu, USG ini juga dilakukan bagi Ibu yang memiliki tekanan darah tinggi atau pertumbuhan bayi dalam janin menjadi lebih lambat dari biasanya.
  4. Echocardiography janin ini bertujuan untuk memberikan secara detail bagaimana detak jantung bayi Ibu. Namun, USG ini biasanya dilakukan kepada bayi Ibu yang memiliki cacat jantung.
  5. USG 2 Dimensi
  6. USG 3 Dimensi
  7. USG 4 Dimensi

Jika 2D hanya berupa foto hitam putih dan terlihat samar, maka 3D dan 4D tergambar jelas. USG 3D menyajikan hasil gambar tidak bergerak atau diam, jadi hanya tahu sebatas apa saja yang sudah berkembang dari bayi. Sedangkan USG 4D menyajikan gambar bergerak, seperti menonton film bayi dalam kandungan. Melaui Usg 4D ini dokter bisa melihat wajah bayi lebih jelas, jenis kelamin dan kelainan atau gangguan pada tumbuh kembang janin sehingga persiapan dan harapan kesembuhan bisa diantisipasi.

Lalu apa saja manfaat lain yang didapatkan melalui pemeriksaan kehamilan secara 4D?

  1. Mengetahui perkembangan janin
  2. Melihat stuktur tulang bayi
  3. Pemeriksaan lebih detail dan komplit
  4. Menentukan prosedur persalinan yang aman
  5. Mendeteksi resiko janin meninggal dalam kandungan

Kapan sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG 4D?

Waktu yang paling tepat untuk melakukan USG 4 Dimensi adalah pada saat usia kandungan 27 minggu. Karena, pada usia tersebut gambar dapat terlihat lebih jelas, seperti wajah janin. Maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai perlu tidaknya melakukan pemeriksaan Usg 4D.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Google

Categories